Pages

Ads 468x60px

Labels

Rabu, 19 Agustus 2015

Semerunya Jawa Tengah (Jalur Lawu Via Candi Cetho)


Sesuai dengan judul "Semerunya Jawa Tengah". tak berlebihan memang kami menyebutnya. jalur ini memang 11 12 dengan jalur pendakian semeru lewat ranu pani yang ada di jawa timur sana.. dari mulai rumput, hutan, vegetasi, kontur tanah memang mirip sekali dengan jalur pendakian semeru yang melewati ranu kumbolo dan oro oro ombo.

sedikit cerita yang saya temukan di dunia maya, jalur pendakian candi cetho ini biasanya bisa di tempuh dengan durasi waktu 10 - 15 jam. saya sendiri membuktikannya dengan 15 jam pendakian (dengan asumsi setiap ada spot yang menurut kami bagus, kami berhenti dan berfoto foto, hehehe)

saya akan membagikan sedikit tangkapan mata kamera saya ketika saya melakukan pendakian ini tepat 2 hari sebelum hari kemerdekaan indonesia yang ke 70. yakni pada tanggal 15 sampai 16 agustus 2015.

candi cetho lawu semeru sabana
Sabana sebelum pos 4. disini adalah tempat pertama yang bisa untuk mendirikan tenda


candi ceto semeru lawu
Bulak peperangan / pos 4
di bulak peperangan ini anda akan menjumpai sabana yang mirip sekali yang ada di oro oro ombo dan ranukumbolo, disini juga akan menjumpai tanjakan persis di tanjakan cinta ranu kumbolo


candi cetho lawu semeru
Tanjakan yang mirip tanjakan cinta di ranu kumbolo

gunung lawu
gak tau nama tempatnya,, yang jelas keren


telaga lawu
telaga yang mengering, jika musim hujan biasanya terisi air setinggi lutut anak anak

lawu
santai sejenak, melepas penat oleh panjangnya jalur pendakian
lawu
tanjakan terakhir sebelum sampai di warung mbok yem

puncak lawu
puncak lawu milik pendaki alay hehe
puncak lawu
mereka terlalu asik bermain, hingga lupa umurr


itulah beberapa foto yang bisa di tangkap oleh mata kamera saya. sebetulnya masih banyak spot lagi yang tak kalah keren di jalur pendakian via cetho ini. buktikan saja sendiri dan sensasinya dan buktikan kemiripannya dengan jalur pendakian gunung semeru.. 

sedikit tips  :

  • diupayakan mendaki lewat jalur ini sepagi mungkin, dikarenakan jalur yang agak panjang, jalur ini dimalam hari masih rawan akan binatang asli gunung lawu 
  • tidak usah membawa air terlalu banyak, di jalur akan banyak menemukan pipa yang di aliri air, terakhir akan menjumpai pipa di setelah pos 3 setelah itu air ada di puncak
  • jalur ini belum resmi, jadi belum ada koordinasi  / basecamp, jadi koordinasikan sebaik mungkin di team pendakian anda. (belum ada team rescue yang bersiaga)
  • masuk kekawasan jalur ini sebenarnya tidak ada retribusi resmi, jika nanti ketika masuk candhi ceto anda di mintai retribusi pendakian, jelas itu bukan retribusi resmi (kasih aja seiklasnya)
  • jangan lupa bawa uang, karena di puncak uang masih berlaku, ada beberapa warung yang buka dipuncak, teh hangat = Rp.4000 untuk makanan berkisar Rp.1.000
terimakasih,, sekian cerita dari kami....










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berikan komentar anda :-D

 
 
Blogger Templates